Cara Membuat Es Krim Sederhana Di Rumah

Cara Membuat Es Krim - Siapa yang tidak menyukai es krim?? Dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menggemari segala olahan yang dipadukan dengan es krim. Es krim sendiri memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, selain kaya lemak, gula, fosfor, asam amino, zinc, beragam vitamin, es krim juga mengandung asam pantotenat yang dapat mencegah osteoporosis. Selain itu kandungan dalam es krim ini juga dapat menurunkan tekanan darah, merangsang air liur, mengurangi keasaman mulut, mencegah gigi berlubang hingga dapat mengurangi plak gigi. Selain itu kandungan es krim yang lain seperti susu juga dapat menetralisir racun, mencegah kanker usus, mempercantik kulit, dan dapat merileksasikan pikiran. Namun untuk mendapatkan semua khasiat ini, tentunya harus dipastikan komposisi bahan yang terdapat dalam es krim. Jika anda ingin mengkonsumsi es krim lebih terjamin, anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah, lantas bagaimana cara membuat es krim di rumah?

Cara mudah Membuat Es Krim

Cara membuat es krim sebenarnya cukup sulit, namun jika anda telah mengetahui langkah-langkah lengkapnya, membuat es krim bukan lagi menjadi hal yang menyulitkan untuk anda. Makanan berbahan dasar krim yang dipadukan dengan perasa dan pemanis ini diproses dengan cara didinginkan dalam posisi sambil diaduk untuk mengurangi suhu dan menghindarkan es krim anda membentuk kristal es. Ingin mengetahui cara dan proses pembuatan es krim lebih lanjut? Berikut resep lengkapnya untuk anda.

Resep es krim

  • 3 kaleng susu kental manis putih
  • 6 kaleng susu putih
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 3 butir putih telur
  • 1 sendok teh vanila essence

Cara membuat es krim sederhana

  1. Ketika anda hendak membuat es krim di rumah terlebih dahulu campurkan semua bahan susu kental manis dan susu bubuk dengan air secukupnya, panaskan diatas api kecil dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Setelah cairan susu tercampur rata, selanjutnya larutkan tepung maizena dengan sedikit air dan campukan kedalam rebusan susu
  3. Kemudian angkat adonan dari api dan sambil terus mengaduk campurkan bahan-bahan tambahan seperti gula, putih telur dan vanili essence, aduk terus hingga adonan berubah warna menjadi putih.
  4. Rebus adonan sambil terus mengaduknya dengan api kecil hingga mendidih dan angkat.
  5. Setelah diangkat, jangan hentikan proses pengadukan anda untuk menghindari penggumpalan adonan, aduk adonan yang masih panas hingga dingin, dan selanjutnya dapat anda masukkan ke dalam freezer.
  6. Setelah dingin dan beku, es krim yang telah anda buat dapat anda sajikan bersama bahan pelengkap lainnya, seperti buah-buahan segar, saus, kacang-kacangan maupun bahan lain yang sesuai dengan keinginan anda
  7. Es krim sederhana buatan anda siap dihidangkan..

Baca Juga resep berikut ini:

Itulah resep dan cara pembuatan es krim yang sederhana tanpa menggunakan mesin es krim di rumah. Untuk membuat proses pembuatan es krim anda semakin berhasil, sebaiknya bungkus mangkuk atau wadah yang anda gunakan untuk menyimpan es krim dengan erat dalam kantong plastik kurang lebih selama 24 jam, dan untuk menghindari pembentukan kristal es, tutupi permukaan wadah dengan lapisan plastik atau kertas lilin sebelum anda menutupnya. Tambahkan perasa essence untuk menambah cita rasa es krim, dan sebaiknya konsumsi es krim anda sebelum melewati batas seminggu, sekian cara membuat es krim yang sederhana, dalam situs ideresepmasakanku...semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar