Resep Kue Lumpur Labu Kuning Yang Menggugah Selera

Kue lumpur merupakan salah satu jajanan tradisional khas indonesia yang masih digemari hingga kini. Jajanan yang tergolong dalam jajaran kue basah ini pada awalnya berbahan dasar kentang. Namun seiring waktu kini banyak bahan yang dikembangkan sebagai bahan baku untuk pembuatan kue lumpur ini, salah satunya adalah labu kuning. Labu kuning sendiri telah lama dikenal sebagai bahan campuran yang dapat dipadupadankan dengan berbagai jenis kue. Karena memiliki tekstur yang tidak berbeda jauh resep kue lumpur labu kuning tidak jauh berbeda dengan resep kue lumpur yang berbahan dasar kentang, hanya saja untuk kue lumpur berbahan dasar labu kuning ini memiliki komposisi yang takarannya sedikit berbeda. Untuk itulah sebelum membuat kue ini perhatikan komposisi bahan-bahannya terlebih dahulu.

Resep Kue Lumpur Labu Kuning

Resep kue lumpur labu kuning merupakan bentuk kreatifitas yang diciptakan untuk menambah cita rasa dari kue lumpur. Dan ternyata memang benar saja, kue lumpur yang menggunakan bahan dasar labu kuning memiliki cita rasa yang sangat memanjakan lidah. Bahan-bahan yang sederhana dapat anda sulap menjadi sebuah hidangan yang spesial untuk keluarga maupun teman-teman anda. Sudah tidak sabar untuk segera membuat kue lumpur labu kuning ini? Berikut resep dan cara membuat kue lumpur labu kuning untuk anda.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lumpur labu kuning

  • 750 gram labu kuning ( kupas dan bersihkan isinya. Lalu kukus dan haluskan )
  • 400 gram tepung terigu
  • 4 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 400 gram gula pasir
  • 750 cc santan kelapa (rebus dan dinginkan)
  • 150 gram margarin
  • 1 sendok teh vanili
  • ½ sendok teh garam

Cara membuat kue lumpur labu kuning

  1. Untuk memulai membuat kue lumpur labu kuning, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berubah warna menjadi pucat, selanjutnya masukkan vanili dan sedikit garam ke dalam adonan telur sambil terus mengocoknya.
  2. Setelah tercampur rata masukkan santan kelapa yang telah direbus sebelumnya, kocok kembali dengan kecepatan rendah.
  3. Masukkan labu kuning yang telah dihaluskan, aduk hingga rata
  4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus mengaduknya
  5. Sambil terus mengaduknya, masukkan margarin yang telah dilelehkan hingga adonan benar-benar rata.
  6. Setelah adonan anda siap, selanjutnya anda dapat langsung mencetaknya. Untuk mendapatkan bentuk yang sesuai, cetak adonan pada cetakan kue lumpur yang sebelumnya telah diolesi dengan margarin. Panggang kue dengan api yang sangat kecil selama kurang lebih 2-5 menit.
  7. Panggang kue hingga bagian atas kue padat dan mengeras, setelah itu dapat anda angkat dan dinginkan
  8. Tambahkan toping sesuai dengan selera untuk menambah cita rasa kue lumpur anda. Dan sekarang kue lumpur labu kuning anda siap untuk dihidangkan.
Hmmm, sudah terbayang kelezatannya bukan?? Karena cukup ringan, kue lumpur dapat anda sajikan sebagai pendamping teh maupun kopi. Rasanya yang nikmat dan lumer di mulut akan sangat memanjakan lidah keluarga tercinta anda. Selain itu kue ini juga dapat anda sajikan ketika teman-teman anda berkumpul di rumah. Caranya yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama akan sangat memudahkan anda. Demikianlah resep kue lumpur labu kuning yang dapat kami sampaikan dalam situs ide resep masakanku , semoga bermanfaat untuk anda, dan selamat mencoba...

0 komentar:

Posting Komentar