Cara Membuat Resep Opor Ayam Yang Super Lezat

Opor ayam merupakan salah satu menu kuliner yang kehadirannya bisa dibilang wajib dan harus ada pada saat perayaan hari lebaran. Menu kuliner yang menggunakan bahan dasar daging ayam yang berpadu dengan gurihnya santan berwarna kuning serta biasanya disajikan bersama dengan ketupat atau lontong ini mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya. Dan di hari-hari biasa pun menu kuliner yang bernama opor ayam ini juga kerap disajikan oleh para ibu rumah tangga di atas meja makan. Anda juga bisa dengan mudah untuk membuatnya, resep opor ayam yang lezat ini bisa anda sajikan sebagai hidangan istimewa kala menikmati momen spesial bersama keluarga atau kerabat. Berikut ini cara membuatnya.

Cara mudah membuat resep opor ayam lezat


Resep Opor Ayam Yang lezat Spesial Lebaran

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat opor ayam super lezat

  • Daging ayam segar kurang lebih sebanyak 1 kg
  • Kelapa tua sebanyak 2 butir
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Bawang merah sebanyak 20 siung
  • Laos kurang lebih 2 cm
  • Kemiri sebanyak 10 butir
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok makan
  • Jinten sebanyak ½ sendok makan
  • Merica bubuk sebanyak ½ sendok makan
  • Sereh kurang lebih sebanyak 2 batang, dimemarkan
  • Daun salam sebanyak 4 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah sebanyak 1 sendok makan

Cara untuk membuat resep opor ayam super lezat

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan jika anda ingin mencoba membuat opor ayam lezat ini adalah dengan menyiapkan semua bumbu dan bahan yang dibutuhkan, dan sebaiknya jangan sampai terlewat atau ada yang tak dipakai karena tentu saja akan berpengaruh terhadap cita rasa opor ayam yang anda buat.
  2. Langkah selanjutnya, cucilah terlebih dahulu daging ayam sampai benar-benar bersih lalu potong-potong menjadi beberapa bagian kemudian sisihkan.
  3. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat santan kental serta santan cair dari sebutir kelapa yang sudah tua.
  4. Kemudian berlanjut ke langkah selanjutnya dengan mengulek semua bumbu yang sudah disiapkan kecuali, laos, daun salam, dan juga sereh.
  5. Langkah berikutnya tuangkan santan cair ke dalam panci yang berukuran besar lalu tambahkan bumbu, didihkan sambil diaduk-aduk agar rata.
  6. Selanjutnya setelah santan sudah mendidih serta bumbu telah tercampur rata selanjutnya masukkan potongan daging ayam, kemudian tuangkan santan kental ke dalamnya.
  7. Dan sebaiknya anda jangan mengangkatnya jika daging ayam belum benar-benar matang dan juga empuk.
  8. Jika daging sudah benar-benar empuk dan matang maka angkat dan tuang ke wadah saji.
  9. Opor ayam yang sangat lezat siap dihidangkan.
Resep opor ayam ini sangat mudah untuk dibuat, selain itu bahan maupun bumbu yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapatkan. Sajian istimewa berupa menu spesial opor ayam yang lezat ini akan semakin menambah kehangatan suasana kala anda tengah menikmati kebersamaan bersama dengan seluruh anggota keluarga maupun dengan kerabat. Cita rasa serta kelezatannya yang sangat khas tentu saja akan sangat cocok untuk melengkapi momen-momen istimewa anda bersama dengan keluarga. Selain rasanya yang sangat lezat, menu kuliner ini juga sangat bermanfaat bagai kesehatan tubuh karena beragam kandungan yang ada pada bahan maupun bumbu yang digunakan. Demikian panduan singkat cara membuat opor ayam yang lezat ini kami sampaikan dalam situs ide resep masakanku, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar